Orkes Keroncong Buana Lestari Sawahlunto Warnai Panggung Solo Keroncong Festival 2022

BENTENGSUMBAR.COM - Orkes Keroncong Buana Lestari dari Kota Sawahlunto sukses menjadi salah satu penampil dalam ajang Solo Keroncong Festival 2022.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan Peninggalan Bersejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto Syukri pada  Senin 25 Juli 2022 menyampaikan Orkes Buana Lestari tampil istimewa karena pada momen 'prime time' di hadapan para tamu VVIP yang diantaranya adalah Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki.

"Solo Keroncong Festival berlangsung sejak 23 sampai 25 Juli 2022, untuk penampilan dari Orkes Buana Lestari Sawahlunto itu berlangsung pada Minggu 24 Juli 2022 di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo. Empat lagu yang dibawakan Orkes Buana Lestari yakni Nasib Sawahlunto, Bugih Lamo, Gasiang Tangkurak dan Tanjung Perak," kata Syukri.

Syukri menyebut Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mendukung penampilan tersebut dengan hadir menonton langsung kemudian setelah itu menjamu Orkes Keroncong Buana Lestari makan malam yang disambung dengan berdialog tentang pengelolaan dan pengembangan seni musik keroncong di Sawahlunto. 

"Dalam pertemuan itu, bapak Wali Kota menangkap adanya potensi Sawahlunto menjadi penyelenggara iven musik keroncong. Jadi beliau mulai membahas bagaimana persiapan Sawahlunto bisa menggelar ajang tersebut," kata Syukri.

Syukri menyebut Wali Kota Sawahlunto Deri Asta kemudian pada kesempatan Solo Keroncong Festival 2022 itu mengundang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk datang ke Kota Sawahlunto. 

Ketua Orkes Keroncong Buana Lestari Sawahlunto Purwoko mengatakan pihaknya bersyukur dan bangga memperoleh kesempatan tampil dalam Solo Keroncong Festival 2022.

"Alhamdulillah penampilan kita tadi sukses tidak ada kendala dan respon dari penonton juga begitu luar biasa mengapresiasi. Niat kita ini tidak hanya soal penampilan, namun juga bagaimana penampilan ini turut berkontribusi mempromosikan pariwisata dan budaya Kota Sawahlunto," kata Purwoko.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengapresiasi Orkes Buana Lestari yang dipercaya panitia Solo Keroncong Festival 2022 menjadi salah satu penampil.

"Selamat kepada Orkes Buana Lestari, ini menunjukkan secara nasional sudah diketahui dan diakui sehingga panitia dari Solo percaya  mengundang mereka untuk tampil. Pemko Sawahlunto mengapresiasi dan terus mendukung Orkes Buana Lestari maupun kelompok seni lainnya melalui beberapa program," kata Wali Kota Deri Asta.

Dikutip dari keterangan Pimpinan Produksi Solo Keroncong Festival 2022 Turah Hananto menyampaikan iven itu menampilkan musik keroncong yang bercampur padu/fusion dengan genre musik popular lainnya diantaranya pop, campursari, jazz dengan menampilkan 11 Grup Orkes Keroncong Nasional dan Internasional serta dimeriahkan oleh bintang tamu : Jaya Suprana, Waldjinah, Dewi Gita, Putri Ayu, Abah Lala, Kukuh Prasetya Kudamai, Trisum (Dewa Budjana, Tohpati, Balawan), Trio Suara Pamora (Singgih Sanjaya, Bambang Heri, Robertus Grassianus), Yan Vellia, Whawin Laura, Elizabeth Sudira, Ardha, Voca Erudita UNS dan Esti Sundari.

Rangkaian acara Solo Keroncong Festival 2022 dimulai dengan Pra Event Workshop Keroncong oleh Komunitas Keroncong Muda Surakarta pada tanggal 23 Juli 2022 yang akan memberikan edukasi mengenai musik keroncong.( Chie)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »