Wako Pariaman Terima Tahapan Pemilu Serentak 2024 dari KPU

BENTENGSUMBAR.COM - Dalam rangka persiapan memasuki tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Walikota Pariaman, Genius Umar, menerima tahapan Pemilu 2024 dan penyampaian usulan anggaran Pilkada Serentak 2024, dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Pariaman, bertempat di ruang kerja walikota, Balaikota Pariaman, Senin (25/7).

"Proses tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, sudah resmi dimulai sejak 14 Juni 2022 kemaren oleh KPU RI. Hari ini, kami menerima salinan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 3 tahun 2022 dari Ketua KPU Kota Pariaman, Aisyah dan Komisioner KPU serta jajaran Sekretariat KPU Kota Pariaman lainya," ujarnya.

Genius mengatakan bahwa di dalam salinan PKPU tersebut, berisikan serangkaian informasi tentang pelaksanaan Pemilu. Mulai dari tahapan awal hingga jadwal pendaftaran, jadwal pemungutan suara, hingga sampai jadwal pelantikan Presiden

"Pemerintah Kota Pariaman bersama KPU, dan Bawaslu, akan mendukung kegiatan tahapan awal Pemilu maupun Pemilukada begitu juga untuk tahapan-tahapan kedepannya. Nantinya, akan kita bicarakan dan bahas dengan stakeholder terkait," ungkapnya.

Lebih lanjut Genius berharap, agar Pemilu serentak 2024 yang merupakan pesta demokrasi ini, dapat berjalan aman, lancar dan kondusif, dan tuhas kita bersama untuk mewujudkanya.

"Yang paling penting adalah bagaimana menciptakan suasana Pemilu yang damai dan aman. Pesta Demokrasi lima tahunan tersebut nantinya, di negara kita indonesia yang berdemokrasi ini, diberikan kebebasan kepada masyarakat untuk memilih pemimpinnya secara langsung, umum, bebas, jujur dan adil," tukasnya.

Lulusan S3 IPB ini juga mengatakan bahwa tahapan-tahapan Pemilu dan Pilkada ini, memang perlu untuk disosialisasikan, terutama untuk rekan-rekan dari partai dan wartawan, untuk turut menyampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa tahapan pemilu sudah dimulai, ulasnya mengakhiri.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Pariaman, Aisyah mengatakan bahwa, 20 bulan sebelum hari pencoblosan sesuai amanat undang-undang, sudah dimulai tahapan Pemilu 2024. Ditandai dengan launching tahapan Pemilu serentak 2024 oleh KPU RI.

"Hari ini, kita menyerahkan Peraturan KPU nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal Pemilu 2024 dan penyampaian usulan anggaran Pilkada Serentak 2024 sebesar Rp 23 Milyar kepada Walikota Pariaman, untuk dapat ditindaklanjuti nantinya," tuturnya.

Seperti diketahui bersama, Pemilu 2024 akan dilangsungkan secara serentak untuk memilih anggota DPR, DPRD, DPD dan Presiden, pada 14 Februari 2024, dimana Pemilu serentak 2024 ini, diyakini lebih menghemat anggaran dibandingkan pemilu yang terpisah antara legislatif dan presiden. Dan setelah itu, baru dilanjutkan dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), baik Gubernur, Bupati dan Walikota, pada 27 November 2024.

"Harapan kita tentunya, Pemilu serentak ini dapat berjalan dengan baik, tertib dan lancar. Kepada masyarakat dan peserta pemilu dari Partai politik diharapkan dapat memahimya, dan partisipasi masyarakat dalam Pemilu serentak 2024, dapat kita tingkatkan," tutupnya. (J/AT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »