Advertorial

Daerah

Pohon Tumbang dan Timpa Rumah Yaima, Warga Gunung Sarik

          Pohon Tumbang dan Timpa Rumah Yaima, Warga Gunung Sarik
Pohon Tumbang dan Timpa Rumah Yaima, Warga Gunung Sarik
BENTENGSUMBAR.COM - Hujan deras dan angin kencang yang terjadi di wilayah Kota Padang Minggu (21/08/2022) siang, menyebabkan pohon tumbang dan menimpa rumah. Beruntung tak ada korban jiwa maupun luka, tapi kerugian material diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

Kejadian tersebut menimpa rumah milik Yaima warga RT 03 RW 07 Kelurahan Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang. Sebatang pohon Durian berukuran besar tiba-tiba tumbang dan menimpa rumah Yaima hingga menyebabkan kerusakan yang cukup parah.

"Pohon Durian tumbang karena hujan deras dan angin kencang yang terjadi dari Kemaren siang sampai sore. Bagian pangkal pohon sudah lapuk sehingga tumbang menimpa rumah korban," kata Endrizal Kalaksa BPBD Kota Padang.

Beruntung ketika pohon tumbang, nenek Yaima bersama cucunya sedang berada di bagian rumah yang tidak tertimpa pohon, sehingga selamat atau tidak mengalami luka-luka.

"Pagi ini hari Senin (22/08) setelah Apel kami mendapatkan laporan dari anak korban yang langsung datang ke Kantor memberikan laporan bahwasanya rumah orang tuanya yang berada di Gunung Sarik tertimpa pohon, Setelah menerima laporan, kami langsung melakukan upaya evakuasi pohon bersama unsur pemerintahan setempat. Butuh waktu 2 jam untuk menyingkirkan pohon dan membereskan reruntuhan," kata Endrizal. 

Lebih lanjut Endrizal mengatakan memasuki musim penghujan, kerawanan terjadinya pohon tumbang dan menimpa rumah sangat tinggi. Sehingga bagi masyarakat yang di sekitar tempat tinggalnya terdapat pohon besar, diimbau untuk diperiksa.

"Curah hujan tinggi, angin kencang pasti rawan pohon tumbang. Jadi kalau di dekat rumah ada pohon besar diperiksa kondisinya. Kalau sudah lapuk atau rawan tumbang, sebaiknya ditebang saja," kata Endrizal.

Jika tidak ditebang karena pohon masih dianggap kuat, antisipasi bisa dilakukan dengan cara melakukan pemangkasan cabang atau ranting. Langkah ini bisa menekan risiko pohon tumbang ketika tertiup angin kencang. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »