SUMBAR

Alwi Shihab Sebut Aneh Jika Warga NU Tak Pilih PKB

          Alwi Shihab Sebut Aneh Jika Warga NU Tak Pilih PKB
Alwi Shihab Sebut Aneh Jika Warga NU Tak Pilih PKB
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB Alwi Shihab berharap partai yang didirikan para ulama Nahdlatul Ulama (NU) itu bisa terus meningkatkan perolehan suaranya pada Pemilu 2024.

Menurut dia, justru aneh jika ada orang NU yang memilih partai lain selain PKB.

Dia menjelaskan, salah satu kunci untuk membesarkan PKB adalah membuat warga NU kompak dalam satu gerbong politik. 

Alwi menyebut kemenangan tak bisa serta-merta diraih dengan doa, melainkan juga perlu kerja-kerja yang dipelopori oleh para ulama.

“Kita harus mencari celah agar warga NU ini bisa kompak, sepakat untuk memenangkan partai ini. Kalau ada orang NU yang memilih partai selain PKB itu agak aneh sebenarnya, apalagi memusuhi," kata Alwi dalam keterangannya, Jumat, 13 Januari 2023.

Pernyataan Alwi tersebut disampaikan saat menjadi pembicara dalam acara Ijtima’ Ulama Nusantara di Jakarta.

Ia mengingatkan agar PKB mencari cara supaya warga NU merasakan urgensi untuk bersatu dalam perjuangan politik partai tersebut.

Salah satu langkah yang bisa ditempuh, kata dia, adalah menginisasi pertemuan dengan seluruh elemen termasuk jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

"Jangan dianggap jalan sendiri bisa besar. Para ulama disini yang bisa mengambil inisiatif bagaimana caranya organisasi Islam terbesar di dunia, NU namanya luar biasa, apalagi di luar negeri," kata Alwi.

Menurut dia, NU lah yang melahirkan PKB. Jika PKB menang pada 2024, kata dia, maka apa yang diperjuangkan NU bisa dilakukan PKB di jalur politik.


"Ini penting untuk dibicarakan, mungkin di level ulama khususnya di daerah. Dewan Syuro PKB kita harapkan bisa bersinergi sehingga hasil kesepakatan kerja sama akan terlihat perolehan suara PKB," ujarnya.


Selain Alwi, forum Ijtima’ Ulama ini juga dihadiri oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud Md, Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, serta para ulama se-Indonesia.


Sumber: Tempo.co
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: