SUMBAR

Gubernur Sumbar: Adat Salingka Nagari Warnai Kehidupan Masyarakat Minangkabau

          Gubernur Sumbar: Adat Salingka Nagari Warnai Kehidupan Masyarakat Minangkabau
Gubernur Sumbar: Adat Salingka Nagari Warnai Kehidupan Masyarakat Minangkabau
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, malapeh  Batagak Pangulu Suku Bodi Caniago di Rumah Gadang Bako Parik Panjang Pakan Sinayan Kamang Tangah Anam Suku, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam, Minggu (8/1/2023).

Gubernur Sumbar yang didampingi oleh ketua LKAAM Sumbar, Fauzi Bahar Dt. Nan Sati, memasangkan Keris kepada Letkol M. Kasni Dt. Rajo Pangulu. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Prov Sumbar, Syaifullah, Kacabdin Pendidikan Wilayah I, dan Anggota DPRD Kab. Agam, Syafaruddin. 

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan, dengan adanya pengukuhan pangulu ini akan mengokohkan dan memperkuat adat istiadat  Suku Bodi Caniago. 

Ditambah dengan adanya Undang-undang Provinsi Sumatera Barat Nomor 17 Tahun 2022 yang berbunyi bahwasanya adat salingka nagari merupakan kebijakan yang mewarnai kehidupan masyarakat Sumbar.

"Mudah-mudahan dengan adanya UU  itu akan memperkuat adat istiadat minangkabau. Alhamdulillah negara sudah mengakui falsafah ABS-SBK di sumbar, semoga suku Bodi Caniago  bisa menjaga nilai-nilai tersebut," ujar gubernur.

"Semoga dengan dilewakannya saudara M. Kasni Dt. Rajo Pangulu, akan terperhatikan sanak kemenakan di Suku Bodi Caniago, terlebih kepada permasalahan di nagari, seperti narkoba, LGBT, stunting, serta mulai menipisnya nilai-nilai adat istiadat anak muda di Sumbar," lanjut gubernur. 

Di akhir acara gubernur sekali lagi mengucapkan selamat mengemban amanah kepada  M. Kasni Dt. Rajo Pangulu dan kepada Suku Bodi Caniago atas dilewakannya gala Dt. Rajo Pangulu. (Via/MMC/Diskominfotik Sumbar)



Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: