Jenazah Nenek Andre Rosiade Dimakamkan secara Militer di Padang

BENTENGSUMBAR.COM - Anggota DPR RI asal Sumatra Barat (Sumbar) H Andre Rosiade berduka. Neneknya, Hj Yunias meninggal di usia 89 tahun, Selasa (28/3/2023) pukul 21.00 WIB di Kompleks Palapa Saiyo, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar. Almarhumah adalah pejuang atau veteran kemerdekaan RI.

Almarhumah dilepas secara militer dari rumah duka oleh Andre Rosiade bersama Komandan Komando Resor Militer (Danrem) 032/Wbr Brigjen Kav Rayen Obersyl, personel Kodim 0308 Pariaman, pengurus DPD Gerindra Sumbar, DPC Gerindra Padang Pariaman, DPC Gerindra Padang serta tokoh-tokoh masyarakat.

Andre yang memberikan sambutan sebagai tuan rumah mewakili keluarga besar ingin menyampaikan permohonan maaf kepada semuanya pelayat dan masyarakat.

“Kalau ada utang atau hal-hal yang masih mengganjal, tolong diberitahu kepada kami sebagai ahli waris kami berniat akan menyelesaikannya,” kata Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar ini, Rabu (29/3/2023).

Atas nama keluarga, Andre Rosiade menyerahkan jenazah H Yunias kepada Kodim 0308 Pariaman untuk diurus pemakamannya.

“Terima kasih kepada Korem dan Kodim yang telah mengurus pemakaman nenek kami. Baik dari Pariaman sampai ke Kota Padang,” kata Andre yang langsung menjadi imam shalat jenazah di Masjid Taqwa, Palapa, Padang Pariaman usai upacara upacara persemayaman di rumah duka. 

Sementara upacara pemakaman di Taman Makam TNI AD Batu Loyo Aur duri Padang dipimpin langsung Dandim O312 Padang Letkol Jadi.

Jadi menyebutkan, Hj Yunias Bin Basyir adalah veteran pejuang Kemerdekaan RI dari Kesatuan Veteran. Memiliki tanda jasa Satya Lencana Pejuang Kemerdekaan RI yang meninggalkan tujuh anak.

Letkol Jadi menyebut, TNI AD mempersembahkan kepada ibu pertiwi jiwa raga dan jasa almarhum Yunias, veteran pejuang, nomor 03.032.215 golongan C. 

“Semoga jalan darma bakti yang ditempuh jadi suri teladan bagi semua. Semoga mendapat tempat terbaik dari Allah,” katanya yang juga langsung memimpin prosesi penguburan dan menurunkan tanah penutup kuburan. 

Andre Rosiade berterima kasih kepada Danrem 032 Wirabraja, Dandim 0308 Pariaman, Dandim 0312 Padang yang telah membantu prosesi pemakaman. 

Begitu juga dengan para pengurus Gerindra Sumbar, DPC Padang Pariaman dan DPC Padang dan semua pelayat yang hadir. Begitu juga dengan direksi BUMN yang hadir. 

“Terima kasih atas kehadiran dan doa-doanya kepada nenek kami,” kata Andre.

Tokoh masyarakat Sumbar yang juga ikut melayat Khairul Jasmi menyebutkan, ternyata Andre Rosiade bukan kaleng-kaleng. 

“Andre tak pernah membanggakan bahwa dia keturunan pejuang. Tapi terus berbuat untuk masyarakat Sumbar,” katanya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »