NasDem soal Anies Sebut Lawan Berat: Ganjar Capres PDIP, Prabowo Banyak Duit

BENTENGSUMBAR.COM - Anies Baswedan menyampaikan pesan kepada relawannya untuk kerja keras karena ada 'lawan' yang besar untuk menang di Pemilu 2024.

Waketum Partai NasDem Ahmad Ali menganggap wajar Anies Baswedan menyampaikan hal itu.

"Ya itu kan pernyataan yang disampaikan Mas Anies di kalangan relawan untuk mengikuti kontestasi. Lebih kepada para relawannya ya untuk lebih semangat, lebih giat. Saya pikir itu hal yang wajar saja," kata Ahmad Ali saat dihubungi, Senin (24/4/2023).

Kemudian, Ahmad Ali menyinggung kekuatan lawan Anies Baswedan di 2024. 

Dia menyebut lawan Anies Baswedan memang punya kekuatan besar seperti Prabowo Subianto yang punya logistik besar dan Ganjar Pranowo yang didukung oleh PDIP.

"Kita tidak bisa pungkiri bahwa katakan Pak Prabowo kalau kita lihat LHKPN-nya itu calon presiden paling banyak duit, paling kaya lah. Karena beliau background-nya sebagai pengusaha, keluarga yang memang selama ini exist di dunia usaha. Nah bahwa politik tidak bisa dihindari dengan biaya, ya itu faktornya pasti. Kalau dibandingkan dengan Mas Anies sangat-sangat jauh kan," ujar Ahmad Ali.

"Begitu pun Mas Ganjar yang kemudian di-support PDIP. Kalau kita lihat sumber daya yang ada di lingkungan katakanlah Pak Jokowi secara terang-terangan memberikan dukungan terhadap Ganjar. Ya itu juga suatu kekuatan dan sumber daya yang tentunya tidak bisa disaingi oleh Anies," imbuhnya.

Anggota Komisi III DPR ini mengatakan relawan Anies harus bekerja keras jika ingin menang di Pemilu 2024.

Sebab, kata Ali, relawan Anies hanya bermodalkan semangat juang untuk menang.

"Jadi kita tidak memiliki sumber daya yang lebih seperti yang lain. Tapi kita memiliki semangat, kita melipatgandakan semangat relawan untuk bisa menang. Jadi kalau relawan bekerja biasa-biasa saja, pasti sangat berat. Tapi kalau bekerja bersungguh-sungguh, melipatgandakan potensi semangatnya, itu bukan hal yang terlalu berat," ungkap Ali.

Ali mengatakan pernyataan Anies bukanlah ungkapan tidak percaya diri. 

Justru, kata Ali, pernyataan itu untuk memotivasi relawan Anies.

"Wah, salah (bukan tidak percaya diri). Itu kan pernyataan yang disampaikan di forum relawan atau imbauan untuk relawan. Jadi pernyataan Anies ini pernyataan memotivasi para relawan," terang Ali.

Pernyataan Anies Baswedan
Anies Baswedan sebelumnya menyampaikan pesan ke para relawannya untuk mengerahkan segenap kekuatan menghadapi Pemilu 2024. 

Calon presiden (capres) yang sejauh ini diusung NasDem, Partai Demokrat, dan PKS itu menyebut lawan yang dihadapi memiliki kekuatan besar.

"Izinkan dalam kesempatan ini kami menyampaikan pesan untuk seluruh teman-teman para relawan di seluruh Indonesia. Teman-teman relawan yang saya hormati, saya banggakan, saya cintai, alhamdulillah wa syukurillah, kita sampai pada 1 Syawal 1444 H dan kita merayakan hari kemenangan bersama-sama," ucap Anies dalam video yang didapat, Minggu (23/4).

Anies kemudian menyinggung tentang perjuangan. Dia menyebut lawan dalam Pemilu 2024 nanti adalah lawan yang besar.

"Satu hal yang ingin saya garisbawahi, perjuangan ke depan adalah perjuangan yang besar. Lawan dalam kompetisi demokrasi kali ini seperti juga sebelumnya, bukanlah lawan yang kecil, tapi bukan musuh. Musuh saling menghabisi. Lawan saling menguatkan. Lawan dalam pilpres, lawan dalam pemilu adalah teman dalam demokrasi," ucap Anies.

"Dan lawan yang kita akan hadapi adalah lawan yang besar, yang memiliki sumber daya yang lebih dari memadai untuk bisa menjalani bahkan memenangkan sebuah kompetisi. Dan perjuangan yang akan kita jalani ke depan adalah perjuangan yang tidak sederhana tapi sebesar apapun tantangan, insyaallah, bila kita mulai dengan niat yang baik. Kita jalani bersama orang-orang yang baik, dijalankan dengan cara-cara yang baik, insyaallah, kita akan sampai pada tujuan yang kita cita-citakan, tujuan yang kita ikhtiarkan," imbuhnya.

Untuk itu, Anies meminta para relawannya bekerja keras. Dia juga meminta para relawannya untuk turun ke lapangan menyerap aspirasi.

"Tentu ada syaratnya. Kita harus ikhlas dalam berikhtiar, berjalan erat bersama, dan kerja keras yang serius yang tuntas sambil berharap terus pada pertolongan pada Allah. Ingat pertolongan Allah hanya akan datang bila kita berjuang dengan dilandasi niat yang bersih, niat yang baik, niat yang suci, dan kita menjaga langkah-langkah perjuangan ini dengan cara-cara yang bermartabat," kata Anies.

"Kemudian juga saya ingin berpesan di masa libur lebaran ini, di saat hati hati kita sedang dalam fitri, mari kita manfaatkan momen ini untuk menyapa keluarga, menyapa masyarakat, menyapa semua, menggunakan kesempatan untuk apa? Untuk mendengar, untuk merasakan, untuk berempati kepada masyarakat. Menangkap aspirasi perubahan yang diinginkan serta menyampaikan pesan-pesan. Pesan-pesan yang mempersatukan. Pesan-pesan yang menggerakkan. Hanya kepada Allah kita akan bersandar. Hanya kepada Allah kita mohon pertolongan. Semoga Allah SWT menguatkan dan memudahkan langkah-langkah kita semua. Selamat Hari Raya Idul Fitri," imbuh Anies.

Sumber: detikcom

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »