PKB: Muhaimin NU Asli, Erick Thohir Naturalisasi

PKB: Muhaimin NU Asli, Erick Thohir Naturalisasi
Ketua Umum PKB yang juga calon Wakil Presiden Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar dan Menteri BUMN Erick Thohir. Erick Thohir sudah mengurus SKCK untuk kepentingan Pilpres.
BENTENGSUMBAR.COM
- Wakil Sekretaris Dewan Syura PKB, Maman Imanulhaq, berseloroh bahwa Nahdlatul Ulama (NU) telah menang Pilpres 2024.

Sebab, hampir dapat dipastikan seluruh poros politik yang bertarung pada Pilpres 2024 menempatkan tokoh yang merepresentasikan nahdliyin sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres).

"Mahfud NU, Muhaimin NU, Erick Thohir NU. Tapi jenis NU-nya beda-beda," kata Maman kepada wartawan pada Rabu (18/10/2023) di Gedung Joang 45, Jakarta Pusat.

Menkopolhukam Mahfud MD telah resmi dideklarasikan sebagai bakal cawapres Ganjar Pranowo oleh PDI-P, PPP, Perindo, dan Partai Hanura, pada pagi tadi.

Sementara itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sudah lebih dulu berpasangan dengan Anies Baswedan melalui Koalisi Perubahan yang digawangi bersama Partai Nasdem, PKB, dan PKS.

Di kubu Prabowo Subianto, Maman memprediksi bahwa Menteri BUMN Erick Thohir mendapatkan jatah kursi bakal cawapres.

"Ada NU yang asli dan itu Pak Muhaimin, karena dia adalah cicit dari pendiri NU," ujar Maman.

"Ada NU karena dia dibawa oleh Gus Dur, Mahfud MD namanya. Ada juga NU naturalisasi, Erick Thohir," sambungnya.

Erick Thohir selama 2 tahun terakhir memang baru menunjukkan kedekatan dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang kini dipimpin Yahya Cholil Staquf sejak akhir 2021.

Pada 28 November 2021, Erick didaulat menjadi anggota kehormatan Barisan Ansor Serbaguna, sebuah organ berafiliasi dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang merupakan badan otonom NU besutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, adik Yahya Cholil Staquf.

Lalu, pada peringatan dan perayaan Satu Abad NU, Erick didapuk sebagai ketua pengarah. Baliho-baliho Erick juga bertebaran ketika itu.

"Siapa pun nanti tentu kita berharap semua membangun apa yang menjadi amanat NU, penguatan SDM, soal kualitas pendidikan, soal penyiapan negara kepada buruh, tani, nelayan, sumber daya alam itu semua adalah menjadi mukhtamar NU," pungkas Maman.

Sumber: Kompas.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »