PADANG

SUMBAR

Iklan 728x90px

Boediono: Program Jokowi Sudah di Jalur yang Benar

          Boediono: Program Jokowi Sudah di Jalur yang Benar
Mantan Wapres Boediono mendukung program-program pembangunan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maruf Amin.
Boediono: Program Jokowi Sudah di Jalur yang Benar
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Wakil Presiden Boediono mendukung program-program pembangunan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Maruf Amin. Terutama menyangkut pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan reformasi birokrasi.

‎"Semua sudah pada jalur yang benar. Tinggal serius menangani ke depan ini. Jadi fokusnya sudah betul," kata Boediono dalam acara penganugerahan penghargaan kepada pemerintah daerah yang menjalankan tata kelola yang baik di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat, 25 Oktober 2019 malam.

Ia menjelaskan pembangunan infrastruktur memang mutlak bagi sebuah bangsa. Dia mengambil contoh negara-negara di Asia Timur seperti Jepang, Tiongkok, Korea Selatan dan Hongkong. Negara-negara ini termasuk kategori negara maju saat ini. Hal itu karena pada masa lalu, mereka sudah membangun negerinya dengan membangun infrastruktur.

Apa yang dilakukan pemerintahan Jokowi, lanjut Boediono, sudah tepat. Tinggal bagaimana melahirkan efek lanjutan atau dampak ganda atas berbagai pembanguan. Terutama efek terhadap peningkatan produktivitas nasional.

Mantan Gubernur Bank Indonesia ini juga mendukung program pembangunan SDM. Dia kembali mengambil contoh negara di Asia Timur. Menurutnya, negara-negara itu menjadi maju seperti sekarang karena pembangunan SDM dilakukan secara berkelanjutan tanpa berhenti.

"Pembangunan SDM ini sangat penting. Pemerintah sudah deklarasi pembangun SDM sebagai satu sasaran pokok. Saya kira bagus. Tinggal kita merinci dgn baik dengan sasaran-sarana yang jelas dan dalam horison cukup panjang. Karena memang ini hanya berhasil kalau kita laksanakan secara konisten berkesinambungan dalam jangka waktu cukup panjang," jelas Boediono.

Dukungan yang sama disampaikan terhadap program reformasi birokrasi. Sama seperti pembangunan SDM, proses reformasi birokrasi butuh waktu. Setiap hambatan dan sumbatan yang menghalangi reformasi birokrasi harus diatasi. Namun dia mengingatkan tidak cukup dengan menghapus birokrasi yang panjang. Yang lebih penting adalah membangun membangun sistem birokrasi yang baik, efisien dan cepat.

Dukungan lainnya terhadap program deregulasi. Menurutnya, berbagai peraturan yang menghambat pembangunan memang harus dihapus.

"Saya pikir sudah dipikirkan oleh para ahlinya dalam pemerintahan saat ini," tutup Boediono.

(Source: BeritaSatu.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *